Quadriplegia, Penyakit Apa Ini ?

Hasil gambar untuk quadriplegia is

epainassist.com

Quadriplegia adalah hasil dari cedera atau penyakit yang hampir selalu mempengaruhi tulang belakang. Meskipun lumpuh kehilangan hanya menggunakan kakinya, lumpuh di keempat anggota badan. Kursi roda yang diaktifkan oleh suara, hari ini membantu orang lumpuh untuk berkeliling, dan rumah-rumah dapat dilengkapi dengan sistem serupa untuk mengoperasikan lampu dan peralatan; monyet bahkan telah dilatih untuk membantu orang lumpuh dengan tugas sehari-hari. 

Quadriplegia, juga dikenal sebagai tetraplegia, adalah kelumpuhan tubuh dari setidaknya bahu ke bawah. Kelumpuhan adalah akibat kerusakan pada sumsum tulang belakang yang mencegah pesan dari otak dikirim ke seluruh tubuh. Tulang belakang bukan tulang-tulang tulang belakang Anda. Sumsum tulang belakang terdiri dari saraf yang dilindungi dan ditempatkan oleh vertebra tulang belakang. Lokasi kerusakan sumsum tulang belakang menentukan keparahan kelumpuhan.

Cidera serviks (leher) biasanya menyebabkan kelumpuhan anggota gerak, disebut Tetraplegia atau Quadriplegia. Gangguan fungsi motorik atau sensorik pada ekstremitas bawah dikenal sebagai Paraplegia.

Quadriplegia, atau tetraplegia, didefinisikan sebagai “kelumpuhan empat anggota badan”, tetraplegia lebih umum digunakan di Eropa daripada di Amerika Serikat. Pada tahun 1991, ketika sistem Klasifikasi Cidera Tulang Belakang Amerika direvisi, direkomendasikan bahwa istilah tetraplegia digunakan untuk meningkatkan konsistensi. Pentaplegia adalah istilah yang kurang umum merujuk pada kelumpuhan yang juga secara substansial mempengaruhi pergerakan kepala.

Quadriplegia adalah kelumpuhan yang disebabkan oleh penyakit atau cedera pada manusia yang mengakibatkan hilangnya sebagian atau seluruh anggota tubuh dan tubuh; Paraplegia serupa tetapi tidak mempengaruhi lengan. Kehilangan biasanya sensorik dan motorik, yang berarti sensasi dan kontrol hilang.

Penyebab umum Quadriplegia

Dua cara utama seseorang mengalami quadriplegia adalah dengan trauma yang mengakibatkan cedera sumsum tulang belakang atau sebagai akibat dari masalah / penyakit medis. Organisasi Kesehatan Dunia melaporkan bahwa hingga 90% dari kasus cedera tulang belakang disebabkan oleh trauma.

Cidera Tulang Belakang yang Dapat Menyebabkan Quadriplegia

Kecelakaan mobil – Sumber paling umum dari cedera tulang belakang adalah kecelakaan kendaraan. Kecelakaan mobil dapat melukai tidak hanya pengemudi, tetapi orang-orang dari segala usia. 

Jatuh – Di samping kecelakaan mobil, jatuh adalah penyebab paling umum kedua dari quadriplegia karena cedera sumsum tulang belakang. 

Kekerasan – Penusukan dan luka tembak bersama dengan bentuk-bentuk kekerasan lainnya menyebabkan hampir sebanyak kasus quadriplegia seperti halnya jatuh. Kebanyakan orang dengan quadriplegia yang disebabkan oleh kekerasan adalah pria muda.

Cidera Olahraga – Kecelakaan menyelam merupakan 66% dari cedera tulang belakang terkait olahraga yang mengakibatkan kelumpuhan. Namun, ada olahraga lain yang berisiko terhadap tulang belakang. 

Hasil dari operasi / prosedur medis – Jauh lebih jarang, quadriplegia disebabkan oleh operasi tulang belakang yang gagal.

Masalah / Penyakit Medis yang dapat menyebabkan Quadriplegia

Quadriplegia juga dapat disebabkan oleh masalah medis dan penyakit yang mempengaruhi saraf sumsum tulang belakang.

Penyakit batang otak dapat menyebabkan kelainan pada fungsi saraf kranial yang dapat menyebabkan sejumlah masalah medis, termasuk quadriplegia. Ini juga dapat termasuk meningitis tulang belakang yang menginfeksi batang otak dan sumsum tulang belakang dan dapat menyebabkan quadriplegia.

Stroke pada batang otak dapat mengganggu fungsi vital seperti pernapasan dan detak jantung, dan juga dapat menyebabkan quadriplegia. Ketika aliran darah terganggu, seperti dengan stroke, sinyal otak terganggu, termasuk sinyal yang dikirim ke lengan atau kaki, mengakibatkan kelumpuhan.

Perawatan untuk Quadriplegia

Tidak ada obat untuk quadriplegia, tetapi ada cara untuk mengatasi efek quadriplegia. Kursi roda dapat membantu mobilitas. Di rumah pengasuh dapat meringankan beban pengasuh keluarga. Terapi fisik dapat membantu mengatasi nyeri dan fungsi otot. Konseling dapat membantu masalah emosional.

Semua ini meningkatkan kualitas hidup orang dengan quadriplegia. Namun, cara terpenting untuk membantu adalah memberi mereka napas. Nafas adalah kehidupan. Nafas membawa oksigen yang memberi hidup. Nafas menggerakkan tubuh dari karbon dioksida. Bernapas dalam-dalam menghilangkan stres, memberi energi, dan membantu fungsi tidur yang baik. Sering kali seseorang dengan quadriplegia ditawarkan ventilator untuk membantu bernafas. 

Sumber :

www.merriam-webster.com

www.disabled-world.com 

www.averybiomedical.com 

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>